Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #3

Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #3
1. Setelah beberapa tahun Saya merasa nyaman bertugas di divisi Saya, atasan Saya memutuskan untuk memindahkan Saya ke unit lainnya yang berbeda dan berisi orang-orang baru yang belum saya kenal. Sikap Saya adalah …
A. Mempelajari proses pekerjaan yang dilakukan oleh rekan kerja lainnya.
B. Menunggu sambil mencari tahu apakah masih ada kemungkinan saya kembali ke unit yang lama.
C. Memahami mekanisme kerja unit melalui buku standar operasional kerja.
D. Proaktif mempelajari dan memahami mekanisme kerja unit yang baru melalui atasan yang baru 
dan rekan kerja lainnya.
E. Apabila unit kerja baru tersebut tidak sesuai dengan keinginan Saya, maka Saya akan meminta 
usulan agar dipindahkan ke unit kerja yang lama.

ABCDE 32451

2. Seminggu lagi sekolah saya akan mengadakan kegiatan dengan tema lingkungan. Saat melakukan rapat divisi, Ketua kelompok Saya bersikeras menolak ide yang Saya dan teman Saya 
buat karena dianggap tidak sesuai dengan tema kegiatan yang akan diselenggarakan. Sikap Saya atas hal tersebut adalah…
A. Saya mengajak teman satu tim Saya untuk bersikeras bahwa ide tersebut adalah yang paling baik.
B. Mengatakan kepada ketua kelompok bahwa ide tersebut adalah  ide teman Saya.
C. Menerima penolakan tersebut  dan mencari ide yang lain agar sesuai dengan tema.
D. Mencoba mencari ide yang lain agar sesuai tema meskipun dengan rasa kesal.
E. Mencoba mencari ide yang lain dengan semampunya.

ABCDE 21543

3. Menurutmu, karyawan seperti apakah yang memiliki loyalitas tinggi bagi perusahaan...
A.Karyawan yang memiliki kesetiaan terhadap perusahaannya.
B.Karyawan yang sering lembur diluar jam kerja.
C.Karyawan yang patuh terhadap perusahaan.
D.Karyawan  yang  tak  segan  untuk  memberikan  pujian  bagi  rekannya  yang  telah bekerja dengan baik untuk perusahan.
E.Karyawan  dengan  kemampuan  interpersonal  yang  kuat  dan  mampu  menjadi teladan bagi karyawan lain

ABCDE 31245

4. Saya adalah tipe orang yang sering menunda pekerjaan namun tanggung jawab, terkait hal ini maka saya.....
A. Tetap berusaha menjadi pribadi yang bisa diandalkan pemimpin
B. Akan sesegera mungkin menyelesaikan dengan baik tugas yang menjadi tanggung jawab saya walau lembur konskuensinya
C. Mudah stress
D. Mudah Pusing
E. Tanggung jawab agar bisa cepat selesai sebelum deadline

ABCDE 13542

5. Anda  senang  sekali  bekerja  pada  divisi  publikasi,  akan  tetapi  pengalaman  kerja  Anda masih  minim  sehingga  mengharuskan  Anda  bekerja  pada divisipelayanan.  Maka  yang dapat Anda lakukan adalah ....
A.Mengajukan mengundurkan diri.
B.Melanjutkan pendidikan yang dibutuhkan pada posisi yang diinginkan.
C.Mencari informasi tetang bagaimana agar bisa dipindahkan ke divisi publikasi.
D.Tetap bekerja dengan optimal, karena semua jabatan merupakan siklus pelayanandan memiliki tujuan yang sama demi perusahaan.
E.Tetap bekerja sehingga memiliki masa kerja yang cukup untuk dipindahkan pada divisi publikasi.

ABCDE 13254

6. Saya melakukan kesalahan dan itu berakibat buruk pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut…
A. Menyesali perbuatan saya.
B. Meminta maaf pada semua pihak yang terkena akibat buruk kesalahan saya.
C. Melakukan introspeksi diri, meminta maaf pada semua pihak dan meningkatkan kinerja agar 
tidak terjadi lagi.
D. Menyalahkan diri sendiri karena sudah membuat semua orang jadi terkena akibatnya.
E. Menerima kesalahan tersebut dengan lapang dada.

ABCDE 24513

7. Secara keseluruhan anggota tim kreatif joni bekerja dengan cekatan tapi ada salah satu anggota bernama lena yang ceroboh Sikap Joni
A. Mengawasi Lena bersama dengan anggota tim kreatif lain
B. Meminta Lena untuk bekerja dengan hati-hati
C. Memecat Lena dan menggantikannya dengan orang lain
D. menegur Lena untuk hati-hati dalam mengerjakan tugasnya
E. Membiarkan Lena seperti asal tugas selesai tepat waktu

54321 ADBEC

8. Terkait dengan orang-orang di sekitar saya, saya dikenal sebagai orang yang ....
A. Mudah tergerak untuk turun tangan
B. Jarang bergaul karena saya kurang suka diganggu
C. Teguh pada kemauan meskipun orang lain menentang
D. Menggerakan orang lain untuk tidak tergantung pada sesama
E. Menghindari berkegiatan dengan orang yang tidak kompeten

ABCDE 51432

9. Pada hari pertama Sari bekerja sebagai seorang staf pelayanan publik, seorang ibu me-
ngomeli Sari karena ia merasa kurang cekatan dibandingkan staf yang lain sehingga
pelayananpun menjadi terlalu lama. Menurut Anda, apa yang seharusnya dilakukan Sari?
A.Meminta maaf dan mempercepat penyelesaian tugasnya
B. Berusaha mengendalikan diri sehingga tidak ikut terbawa emosi
C. Mengabaikan keluhan itu sehingga tidak mengganggu konsentrasinya
D. Menjelaskan bahwa pelayanan tersebut membutuhkan waktu
E. Menjelaskan bahwa hari ini merupakan hari pertama Sari bekerja disana

ABCDE 54231

10. Sebagai seorang abdi negara, saya akan ....
A. Melaksanakan aturan dan prosedur pelayanan publik yang berlaku
B. Memilih posisi yang secara langsung berperan dalam pelayanan publik
C. Memberikan pelayanan pada masyarakat sesuai tuntutan pekerjaan saya
D. Menginformasikan bentuk layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat
E. Berusaha memahami kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan

ABCDE 41523

Komentar

Postingan Populer