Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #2

Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #2



1. Bagimana anda bersikap kepada rekan kerja yg lebih tua dr anda?
a. bercanda tetapi dlm batas kewajaran
b. merasa kaku
c. sering bercanda bahkan kelewatan
d. sudah sangat akrab seperti teman sebaya
e. biasa aja

ABCDE 52143

2. Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terima kasih atas pengurusan surat izin tertentu, Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidak diperbolehkan, maka saya...
a. ikut melakukannya karena kawan kawan kantor juga melakukannya
b. melakukanny hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
c. terkadang saja melakukan hal tsb
d. berusaha semampu saya untuk tidak melakukannya
e. tidak ingin melakukannya sama sekali

EDCBA 54321

3. Ketika saya mengalami kesalah pahaman dengan rekan kantor, maka yang saya lakukan....
A. Berusaha mencari informasi tentang permasalahan yang sebenarnya
B. Mengabaikannya karena hanya masalah kecil saja
C. Tetap tenang dan yakin dapat menyelesaikannya
D. Bingung sampai saya tidak bisa tidur nyenyak
E. Merasa takut akan kehilangan teman

ABCDE 41523

4. Pada ujian kenaikan tingkat yang lalu, saya tidak lolos dan hasilnya tidak memuaskan. Agar kali ini hasilnya baik, saya akan....
A. Berlatih mengerjakan banyak soal agar terbiasa
B. Rajin berdoa mengharapkan mendapat nilai yang baik
C. Mengubah cara kerja agar mendapatkan hasil yang maksimal
D. Menggunakan cara kerja yanh sama dengan sebelumnya
E. Rajin belajar dan berlatih, bersungguh-sungguh untuk mencapai nilai yang terbaik

ABCDE 41325

5. Budi adalah seorang PNS yang berprestasi, namun akhirnya pindah bekerja ke perusahaan swasta yang lebih memberikan peluang untuk mengembangkan diri dan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar. Menurut anda tepatkah tindakan Budi tersebut?
A. Tidak tepat karena Budi tidak konsisten dengan pilihannya semula
B. Tidak tepat karena pekerjaan sebagai PNS lebih stabil dari pada perusahaan swasta
C. Tepat karena Budi telah berpikir realistis
D. Tepat karena pekerjaan sebagai PNS sulit berkembang
E. Tidak tepat karena pekerjaan sebagai PNS mempunyai peluang untuk mengerjakan berbagai proyek yang menguntungkan

ABCDE 54321

6. Dalam memberikan suatu gagasan, saya dikenal sebagai orang yang
A. Rasional
B. Inovatif
C. Bijaksana
D. Berani
E. Percaya diri

CBADE 54321

7. Ketika saya menjelaskan suatu hal kepada seseorang, biasanya
A. Menimbulkan pertanyaan baru
B. Tidak ada yg memberikan tanggapan
C. Mudah dipahami
D. Sebagian orang masih meminta penjelasan kembali
E. Menimbulkan rasa ingin tahu

ECDAB 54321

8. Pak Slamet merupakan salah satu orang yang sudah belasan tahun menjadi petani melon, tetapi tiba tiba melon hasil panen pak Slamet kalah bagus kualitasnya dengan Rino yang baru mencoba bertani melon. Sikap pak selamet
A. Merasa sangat kesal karena melon hasil panennya kalah kualitas dengan Rino yang baru mencoba bertani melon.
B. Mencari informasi tentang cara rino bertani melon
C. Mencari informasi dan bertanya tentang cara Rino bertani melon
D. Mencoba belajar dan bertukar pengalaman dengan Rino tentang cara bertani melon.
E. Mencoba cara baru bertani melon untuk meningkatkan kualias agar tidak kalah dengan Rindo

DCBEA 54321

9. Menurut Anda, PNS yg baik itu adalah PNS yang
A. Bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya
B. Melayani masyarakat dgn sepenuh hati
C. Bekerja jika ada bayaran
D. Profesional
E. Senang membantu mereka yg sedang kesusahan

BDEAC 54321

10. Dalam suatu rapat pimpinan di kantor, ada rekan sekerja Anda mengaju-
kan usul yang berbeda dengan yang Anda sampaikan karena menganggap 
usulan Anda kurang tepat. Sikap Anda adalah …
A. Meninggalkan ruang rapat karena merasa bahwa usulan saya lebih baik.
B. Mempertimbangkan pendapat rekan Saya.
C. Memaksakan usulan Saya kepada anggota rapat yang lainnya karena memang bagus.
D. Mempertimbangkan pendapat tersebut dengan melihat terlebih dahulu orang yang mengeluarkan pendapat.
E. Mengalah karena takut menyinggung pendapat rekan Saya jika ditentang.

ABCDE 15243

Komentar

Postingan Populer