Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #4

Belajar Latihan Soal TKP CPNS dan Kedinasan #4



1. Rekan kerja saya menjadi sumber keluhan bagi rekan kerja yang lain akibat cara kerjanya yang lamban. Sebagai temannya, tindakan saya ....
A. Menawarkan bantuan untuk mempercepat penyelesaian tugasnya
B. Menegur cara kerjanya yang lamban karena menghambat kerja orang lain
C. Membiarkan apa yang terjadi, karena semua orang memiliki keunikan cara kerja sendiri
D. Menghidari agar tidak berada satu tim dengannya karena berpotensi menyulitkan
E. Mengingatkannya akan pola kerjanya dan menawarkan bantuan jika dibutuhkan

ABCDE 34125

2.  Seorang teman Anda yang bertugas di loket pelayanan tiba-tiba pingsan karena kelelahan
karena menerima masyarakat yang datang. Anda yang sedang bekerja diminta menggantikan di loket karena menurut penilaian atasan tugas yang Anda kerjakan tenggang waktunya masih lama. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?
A. Menuju loket dan melayani masyarakat
B. Melayani di loket dan sambil juga menyelesaikan tugas sendiri
C. Mengerjakan tugas secepat mungkin agar bisa bertugas di loket
D. Mencari teman lain yang bebannya lebih ringan untuk membantu
E. Membantu pemulihan teman agar dia bisa segera bertugas kembali

ABCDE 54321

3. Dion adalah ketua kelompok pencinta alam yang baru. Sebetulnya ia belum lama ber-
gabung tetapi karena ia luwes dan mudah bergaul ahirnya ia terpilih sebagai ketua.
Ternyata setelah jadi ketua, sikapnya menjadi berubah. la cenderung menjadi kaku dan
keputusan yang dibuat sulit untuk diubah. Jika Anda menjadi anggota pencinta alam
tersebut, tindakan yang Anda lakukan adalah:
A. Mengajak temen-temen lain untuk memberi masukan ke Dion sehingga kelompok yang sudah solid tidak pecah
B. Mengajak dialog secara personal
C. Meminta Dion untuk tidak otoriter di forum formal sehingga menjadi kesepakatan bersama
D. Membentuk kelompok untuk menentang kebijakan yang dibuat Dion agar ia tahu
kesalahan yang telah ia buat.
E. Mencari tahu penyebab mengapa Dion berubah sehingga lebih bisa memahami
mengapa ia bertindak seperti itu.

ABCDE 35412

4. Instansi kantor Anda mengadakan, training yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kemampuan Anda, namun training tersebut diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, Sikap Saya adalah
A. Lebih balk Saya mengikuti training yang diadakan bukan pada hari libur Minggu.
B. Hari libur Sabtu dan Minggu adalah hak pegawai untuk libur dari urusan kantor dan yang ber-hubungan dengannya
C. Saya bersedia mengorbankan dua hari libur tersebut untuk mengikuti training tersebut.
D. Saya bersedia untuk mengikuti training pada hari Sabtu saja.
E.Saya menyarankan pegawai lain yang masih lajang saja yang mengikuti training tersebut

ABCDE 31542

5. Keluarga Anda menyarankan pada Anda untuk pindah kerja ke perusahaan lain yang memiliki gaji dan fasili-tas lebih banyak dibanding dengan perusahaan tempt Anda bekerja se-karang• Bagaimana sikap Anda jika menghadapi hal tersebut?
 A. Menuruti saran keluarga
B. Menolak dan tetap bekerja di sana, karma loyalitas bagi Saya
C. adalah hal yang penting nerangkan pada keluarga bah-wa Saya sudah merasa nyaman dan senang dengan tempat kerja Saya sekarang.
D. Mempertirmbangkan terlebih dahulu saran tersebut.
E. Langsung pindah, karena secara finansiat sangat menguntung-kan

ABCDE 23541

6. Dalam suatu acara atau rapat teman Anda melakukan kecurangan absensi, sikap Anda
A. Membiarkannya saja.
B. Melaporkannya pada pimpinan ketua rapat.
C. Memberitahukannya pada teman terdekat
D. Diam saja dan pura-pura tidak  melihat
E. Ikut-ikutan melakukannya.

ABCDE 15432

7. Anda adalah seorang kepala divisi HRD di sebuah perusahaan yang cukup ter-nama. Suatu ketika ada teman akrab Anda yang datang dan meminta ban-tuan Anda agar menerima anaknya bekerja di instansi tersebut tanpa tes. Rekan Anda tersebut berjanji Akan memberikan sejumlah uang dan fasilitas. Sikap Anda adalah
A. Menerima tawaran itu tanpa ja-minan sebab dia sahabat karib Anda.
B. Basa basi terlebih dahulu lalu menerimanya karena tidak enak pada teman.
C. Menolaknya mentah-mentah.
D. Menolaknya secara halus dan menyarankan agar anak rekan Anda mengikuti tes seperti yang lainnya.
E. Menerimanya dan menyuruhnya mengikuti tes sebagai formalitas.

ABCDE 13452

8. Saat Anda sedang berbelanja di pasar, salah seorang penjual melakukan kecurangan pada pembeli yang tunanetra. Sikap Anda
A. Membiarkannya.
B. Menegur dan mengingatkan penjual tersebut agar tidak berbuat curang.
C. Cuek saja karena bukan urusan Anda.
D. Memberitahukan pada pembeli tersebut bahwa dia sudah dicu-rangi.
E. Menyebarkannya pada pembeli yang lain.

ABCDE 15243

9. Apabila penilaian terhadap diri Saya jelek, maka Saya akan bertindak
A. Mawas diri.
B. Mengikuti tes lagi jika sudah lebih tenang.
C. Belajar lebih giat lagi.
D. Bersedih.
E. Berhati-hati

ABCDE 32514

10. Saya merasa bahwa pekerjaan-pekerjaan Saya terLalu memberatkan Saya. Sikap Saya ketika menghadapi masalah tersebut
A. Mengeluhkan hal tersebut pada rekan kerja yang lain.
B. Melapor pada atasan dan meminta agar pekerjaan tersebut dialihkan pada rekan yang lain yang lebih mampu.
C. Mengerjakannya semaksimal mungkin hingga tuntas.
D. Meminta bantuan pada rekan kerja yang lain untuk menyelesaikannya.
E. Mengundurkan diri dari peker-jaan tersebut.

ABCDE 23541

Komentar

Postingan Populer